Madcoms, Mei 2021


Pemerintah melalui kementarian ketenagakerjaan sedang melakukan berbagai upaya untuk membangkitkan sektor ekonomi, terutama dari ketersediaan lapangan kerja di masa pandemi. Seperti yang disampaikan oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah yang dilansir dari detik.com, “Di satu sisi revolusi digital sangatlah baik karena dapat membuka banyak lapangan kerja baru, terutama dari angkatan kerja lulusan diploma dan universitas”. Beliau juga menambahkan, “namun di sisi lain, kita juga memiliki tantangan dalam penyiapan angkatan kerja yang kebanyakan saat ini masih berpendidikan rendah”.


Berkaitan dengan itu Kemenaker mengembangkan sebuah sistem informasi dan pelayanan ketenagakerjaan sebagai ekosistem digital ketenagakerjaan di Indonesia. Sedikitnya ada 5 agenda yang sudah siap akan dijalankan.


Pertama, melakukan transformasi sistem SISNAKER sebagai instrument “Big Data” untuk implementasi satu data ketenagakerjaan dengan menguatkan tata kelola SIAPkerja hingga kemudian menghubungkan platform digital swasta dengan SIAPkerja.


Kedua, melakukan “Link & Match” ketenagakerjan dengan melakukan pengembangan sistem integrasi pelatihan, sertifikasi dan penempatan kerja, penguatan lembaga pelayanan pasar kerja, penguatan SDM, penguatan kurikulum, digitalisasi pelayanan pasar kerja hingga pengembangan kemitraan.


Ketiga, melakukan transformasi program perluasan kerja dengan mengoptimalkan pelatihan kerja di BLK melalui peningkatan kompetensi para pencari kerja serta meningkatkan program-program perluasan kerja dan padat karya.


Dan yang terakhir adalah melakukan pengembangan talenta muda dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi di berbagai sektor industri. Kompetensi tersebut diwujudkan salah satunya melalui Iot (Internet of Things). Khusus hal ini, Kemenaker menekankan bahwa dengan munculnya tren di era revolusi industri 4.0, membuat para pekerja dituntut untuk memiliki kemampuan untuk mengoperasikan berbagai hal yang berhubungan dengan komputer atau platform aplikasi berbasis teknologi informatika.


#AyoKeMadcoms

By Madcoms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *