Perkembangan dunia teknologi sebenarnya sudah memiliki jalurnya sendiri. Namun dengan munculnya Pandemi Covid-19 dalam beberapa tahun belakangan ini memicu transformasi digital yang berkali-kali lebih cepat dan meningkat. Pasalnya, perubahan yang terjadi secara besar-besaran melalui pembatasan kegiatan dengan alasan kesehatan, membuka peluang bagus yang sangat besar untuk siapa pun yang bisa melihatnya sebagai potensi untuk bisa tetap bertahan, bahkan melakukan peningkatan.

Hal ini bisa dibuktikan dengan kenaikan penjualan di pasar retail Smartphone, Laptop dan beberapa Device yang berhubungan dengan teknologi. Ditambah perilaku masyarakat yang pada akhirnya membuka diri untuk mempelajari sistem berbasis aplikasi serta pertumbuhan E-Commerce yang memunculkan banyak pebisnis dan pengusaha UMKM yang sukses.

Dan ketika banyak dunia kerja dan industri yang mendapatkan imbas kurang menyenangkan dengan adanya Covid-19 ini, beberapa sektor malah melesat dengan pencapaian yang luar biasa. Hal ini membuka kesempatan yang besar untuk memenuhi kebutuhan pekerja dan calon pengusaha yang sanggup memenuhi kebutuhan tersebut. Lalu tebak, pekerjaan dan jenis usaha apakah itu? Betul, jawabannya adalah konten kreator!

Lalu pekerjaan apa saja yang termasuk dalam bidang konten kreator ini, berikut daftarnya!


DESAINER GRAFIS

Desainer grafis merupakan orang yang bekerja menciptakan konten-konten grafis untuk tujuan publikasi dan sosialisasi. Isinya bisa bermacam-macam. Apakah itu konten berita, hiburan, pendidikan, motivasi dan masih banyak yang lainnya.

Batasan menjadi seorang desainer grafis adalah kreatifitas. Sehingga, selama seorang desainer grafis masih bisa berkreasi dan menciptakan karya-karya melalui konten yang dihadirkan, seorang desainer grafis akan selalu dibutuhkan, terlebih jika seorang desainer grafis juga memiliki kemampuan tentang pemasaran, sebuah kombinasi unik yang bisa berpotensi menjadi aset.


FOTOGRAFER

Fotografer merupakan orang yang memvisualkan suatu objek lewat tampilan foto. Kelihatannya memang sederhana, cuma memotret! Tapi bukan asal memotret, seorang fotografer membutuhkan banyak unsur dan dasar keilmuan seputar fotografi untuk bisa menghasilkan sebuah karya foto yang mengagumkan. Menjadi seorang fotografer adalah kesempatan yang sangat bagus.

Ada sebuah pepatah lama yang mengatakan “1 gambar bisa mewakili 1000 kata” inilah yang menjadi kekuatan dari seorang fotografer. Karya foto digadang-gadang hampir menyerupai karya seni lukisan, apalagi jika digunakan untuk memaksimalkan pemasaran sebuah layanan produk atau jasa. Tentu saja, mereka yang memiliki jiwa fotografi sejati, akan menjadi aset yang sangat berarti.


VIDEO EDITOR

Videografer berada di tingkatan yang lebih tinggi dalam kategori konten kreator. Seorang video editor merupakan maestro dari sebuah karya visualisasi berbentuk tayangan video.

Saat ini, dengan banyaknya aplikasi yang memuat tayangan video seperti TikTok, Snack Video, YouTube, Instagram dan aplikasi sejenis lainnya, memberikan kesempatan yang begitu besar kepada seorang video editor dalam meraih pendapatan, penghasilan dan reputasinya.


WEBSITE & SOSIAL MEDIA DEVELOPER

Memasuki ranah online, kehadiran website dan media sosial seperti tidak memberikan batasan ruang dan waktu untuk melakukan pekerjaan seputar publikasi dan sosialisasi. Dengan hanya bermodalkan akses internet, seseorang sudah bisa menjelajah berbagai macam informasi untuk mengetahui hal apapun juga, setiap hari, 24 jam, tanpa ada waktu jeda atau berhenti.

Website dan media sosial tak ubahnya seperti rumah, toko atau lapak yang menjadi identitas kita di ranah online. Semakin menarik tampilan website atau media sosial kita, berada di lokasi yang strategis dan memiliki ciri khas yang bisa memancing minat banyak warga-net tentu akan memunculkan peluang yang sangat besar untuk bisa menghasilkan sesuatu bukan. Inilah tugas dari seorang pengembang website dan pengelola akun media sosial. Itulah sebabnya, pekerjaan ini punya potensi karir dan penghasilan yang sangat tinggi.


PEMASARAN

Dan yang terakhir, sebagai pamungkas dalam artikel kita kali ini adalah kemampuan memasarkan, kemampuan membuat penawaran, kemampuan menjual, kebisaan untuk merubah produk atau layanan jasa menjadi uang dan keuntungan.

Pemasaran adalah ujung tombak dari sebuah kegiatan bisnis dan usaha, apapun bentuknya. Mulai dari yang kecil sampai yang besar, mulai dari yang ada di pinggiran rumah sampai yang punya cabang di seluruh penjuru dunia, tenaga pemasaran akan selalu dibutuhkan oleh para pelaku bisnis dan usaha. Bagaimana potensi dan peluangnya? Silahkan bisa dipersepsikan sendiri.


selesai

By Madcoms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *