Madcoms, April 2021


Pandemi Covid-19 memang memberikan dampak yang luar biasa di hampir seluruh bentuk kehidupan dan kegiatan manusia. Pengurangan tenaga kerja terjadi di banyak sektor industri dan juga dunia kerja, beberapa pelaku kegiatan bisnis dan usaha juga kehilangan peluang sampai ada beberapa mereka yang akhirnya terpaksa harus gulung tikar.

 


Belum lagi soal pembatasan aktifitas yang membuat manusia menjadi makhluk terisolasi secara massal. Kabar baik yang bermunculan dewasa ini hanyalah soal vaksinasi yang memunculkan harapan baru. Bagaimana dengan dunia pendidikan? Pantauan penulis dari beberapa sumber yang dapat dipercaya menyimpulkan bahwa setidaknya sampai 5 tahun ke depan, di prediksi belum ada perubahan yang setidaknya bisa membawa kestabilan kondisi.


Sedangkan bagi LPKBM Madcoms, beberapa pernyataan di atas mungkin menjadi momok yang membayangi gairah pendidikan di lingkungan kampus, terutama dalam alur penerimaan mahasiswa baru. Namun, fakta di lapangan ternyata terbalik berbeda arah. Momok yang dirasa mengkhawatirkan, justru menjadi sebuah semangat yang membentuk keyakinan, bahwa kebutuhan akan ilmu komputer, teknik pemasaran, pengembangan bisnis berbasis komputer serta kebutuhan pekerja dalam bidang komunikasi digital mengalami kenaikan yang signifikan.


Hal itu dapat dibuktikan dengan tingkat keberhasilan para alumni yang terserap di dunia kerja ataupun perusahaan-perusahaan yang menjadi mitra kerja Madcoms setelah menyelesaikan program pendidikan dan pelatihan kerja di Madcoms.


 

Bukti keberhasilan itu diraih oleh alumni Madcoms yang akrab disapa dengan panggilan mbak Resti. Di usianya yang masih terbilang muda, lulusan SMAN 3 Magetan ini sudah mencapai posisi sebagai Senior Business Manager di perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan internasional bernama PT. Equiatyworld Futures Surabaya.


“Saya tau info tentang Madcoms ini dari mading sekolah, jadi ada flyernya Madcoms gitu. Sebenarnya sebelum ke Madcoms itu juga sudah lolos SNMPTN, diterima di UMY, tapi karna orangtua nyuruh yang deket2 aja, akhirnya mutusin buat di Madiun dan memilih Madcoms” ucap mbak Resti.


Alumni Madcoms Tahun Angkatan 2018-2019 yang mengambil jurusan Manajemen Perkantoran & Public Relation ini mengaku senang bisa menjadi bagian dari Madcoms, terutama dari ilmu-ilmu yang di dapat sewaktu mengikuti masa pendidikan di kampus.


“Yang membuat saya senang di Madcoms itu karena saya bisa lebih leluasa mengembangkan bakat ataupun potensi yang mau dikembangkan lewat materi dan ilmu-ilmu seputar Public Relation. Prakteknya diajarkan lebih banyak” lanjut mbak Resti.


Ditambahkan lagi oleh mbak Resti, “kalau boleh jujur, sebenarnya bukan lebih pada Madcoms sih, saya kira semua orang harus punya kemauan, kreatifitas, inisiatif dan jaringan pertemanan yang bisa membuka akses informasi. Beranilah keluar dari zona nyaman karna itu akan membuat diri berkembang ke depannya, tetap semangat dalam mengejar apa yang dicita-citakan” – Selesai.

By Madcoms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *