Para pelajar di tingkat SMA SMK dan MA sederajat tengah sibuk mempersiapkan diri, jelang Ujian Nasional yang akan menjadi batasan akhir, menutup berbagai cerita dari perjalanan seragam putih abu-abu, sekaligus menjadi langkah awal dalam memasuki masa pendewasaan diri.

Diantara beberapa pilihan yang tersedia pasca kelulusan nanti, kita perlu lebih selektif dalam memilih dan kritis saat menggali informasi, agar di kemudian hari, tidak ada penyesalan akibat kurang tepatnya keputusan kita dalam menentukan pilihan.

Namun tidak semenakutkan itu, karena lewat artikel ini, khususnya kepada para calon lulusan kelas 12 tingkat SMA, SMK dan MA sederajat, bisa mendapatkan referensi, informasi dan juga inspirasi untuk bisa memantapkan tujuan, meningkatkan motivasi sekaligus menjadi dasar komitmen, untuk melangkah semakin dekat, dalam mewujudkan impian masa depan.

Di era dimana segala bentuk informasi dapat diakses dengan mudah, tentunya penulis berharap, agar para pembaca bisa jeli dan cerdas melihat peluang di masa depan, sanggup memaksimalkan kesempatan yang ada, dengan tidak mengurangi kewaspadaan terhadap resiko yang kemungkinan muncul dalam prosesnya. Tanpa perlu berlama-lama lagi, inilah 4 pilihan jenjang lanjutan, selepas pendidikan di masa SMA/SMK sederajat.


MASUK PERGURUAN TINGGI

Tercatat, masih ada banyak sekali peminat dari calon lulusan kelas 12 yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Diantaranya yang paling banyak, ada yang mengemukakan alasan, bahwa semakin tinggi status pendidikan, apalagi bisa meraih gelar sarjana di suatu bidang, akan menambah kepercayaan diri dan kesempatan yang lebih luas dalam persaingan mendapatkan pekerjaan.

Pendapat seperti itu tidak salah, namun juga kurang tepat. Alasannya, di era yang serba digital, idealisme pemikiran tersebut tentu kurang relevan jika dibandingkan dengan kebutuhan di berbagai sektor dan bidang industri saat ini, terlebih di masa depan. Kita bisa perhatikan bagaimana lingkungan di sekitar kita, telah banyak bertransformasi ke ranah digital. Artinya di masa depan, peran kinerja manusia, akan lebih banyak tergantikan oleh sistem berbasis aplikasi.

BACA JUGA : URUTAN PERTAMA! ILMU KOMPUTER JADI TREN JURUSAN PALING DIBURU DALAM ERA TRANSFORMASI DIGITAL..!!

Apalagi saat ini banyak perusahaan yang memprioritaskan produktifitas dan efisiensi, ketimbang mempertahankan idealisme soal gelar dan lulusan sarjana. Sederhananya, banyak perusahaan bukan lagi menitik-beratkan soal gelar dan status pendidikan, melainkan pada kompetensi dan produktifitas.

Terkecuali untuk beberapa karir spesifik seperti dalam bidang Kedokteran, Hukum, Psikologi dan Arsitektur. Singkatnya, jika kamu menginginkan karir yang lebih general (tidak khusus atau spesifik), maka kamu harus mempertimbangkan ulang untuk memasuki perguruan tinggi, mengingat waktu dan biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan jenjang ini, tidak sedikit.


MEMASUKI DUNIA KERJA

Tidak sedikit calon lulusan kelas 12 yang ingin bisa segera memasuki dunia kerja setelah lulus sekolah (SMA dan SMK). Bagi yang ingin mencoba peruntungannya di sisi ini, maka bersiaplah dengan segala yang dibutuhkan untuk bisa meraih posisi dalam dunia kerja.

BACA JUGA : JALIN KERJASAMA DENGAN HOTEL ASTON, MADCOMS SIAP MEMASUKI DUNIA KERJA PERHOTELAN!

Mulai dari daftar kompetensi yang kita miliki, cek juga seberapa banyak ketersediaan lowongan kerja yang sesuai ijazah terakhir kita, belum lagi soal persaingan sesama pencari kerja. Intinya, kita mesti bersiap deh dengan segala peluang dan halang rintang yang kemungkinan besar akan kita temui dalam prosesnya, sampai kita masuk atau diterima kerja.

Beberapa fakta yang bisa kita temui di sekeliling kita, ternyata tidak cukup banyak pekerjaan yang memiliki kepastian jenjang karir untuk tamatan SMA, SMK dan SMA sederajat. Kalaupun ada, biasanya hanyalah pekerjaan sebatas “batu loncatan” atau sekedar kegiatan pengganti status pengangguran. Agak sedikit mengerikan sih, apalagi kalau kita tidak bersiap sedari awal, terlena dengan zona nyaman, sampai lupa kalau kebutuhan di masa depan akan terus bertambah seiring dengan perubahan waktu.

Meskipun begitu, ini adalah pilihan yang bisa kamu prioritaskan, terutama jika kamu ingin bisa segera mendapatkan penghasilan.


MEMULAI BISNIS ATAU BERWIRAUSAHA

Pandemi Covid-19 memunculkan banyak pebisnis dan bentukan kegiatan usaha baru. Entah mereka yang memang sengaja ingin memulai bisnis atau mereka yang semula bekerja kemudian beralih ke dunia bisnis dan wirausaha karena dampak dari adanya Pandemi Covid-19.

Apapun itu, pilihan untuk memulai bisnis atau kegiatan wirausaha adalah hal baik yang bisa memberikan keuntungan berlipat ganda, jika mampu bersaing dan tetap eksis bertumbuh dan terus berkembang dari waktu ke waktu. Dalam hal ini, fokus kita hanyalah bisa memberikan penawaran, agar bisa menjadi transaksi penjualan yang ujungnya bisa mendapatkan profit atau keuntungan. Faktanya, memang tren kemunculan para pebisnis dan penggiat usaha di kelas pemula naik secara drastis.

BACA JUGA : 5 KEUNTUNGAN WEBSITE DALAM STRATEGI BISNIS ONLINE..!!

Kebanyakan dari mereka memanfaatkan sumber daya yang sudah tersedia, contohnya seperti lewat sosial media dan internet marketing. Saat ini, banyak lulusan sekolah yang tidak memilih antara memasuki perguruan tinggi atau bekerja dan membanting setir untuk berada di zona ini. Ada yang yang mulai meneruskan bisnis turunan yang sudah berjalan, ada juga yang memulai dari level start-up.

Memulai bisnis atau usaha adalah pilihan yang tidak buruk, terutama jika kamu adalah orang yang memiliki banyak kenalan dan jaringan, suka dengan kegiatan jual beli, komunikatif, tidak pantang menyerah dan memiliki motivasi yang tinggi untuk terus tumbuh berkembang, bagaimana pun kondisi dan keadaannya.


LEMBAGA PENDIDIKAN SEBAGAI JALUR ALTERNATIF

Boleh dikatakan diantara 3 pilihan yang sudah diuraikan diatas, memasuki Lembaga Pendidikan sebagai jalur alternatif adalah pilihan paling aman yang bisa mencakup ketiga poin diatas. Artinya, jika kamu belum berkesempatan memasuki perguruan tinggi, apapun alasannya, maka setidaknya kamu punya status pendidikan yang lebih tinggi daripada sekedar mengandalkan ijazah SMA atau SMK.

Pun dalam hal memasuki dunia kerja, lulusan dari Lembaga Pendidikan lebih disukai oleh perusahaan karena setidaknya mereka sudah memiliki kompetensi diatas rata-rata mengingat kebanyakan Lembaga Pendidikan berada di jalur vokasi yang sarat dengan standar kompetensi yang telah disesuaikan dengan dunia kerja maupun industri. Soal dunia bisnis dan kewirausahaan, faktanya banyak pilihan Lembaga Pendidikan yang tidak hanya membekali peserta didiknya dengan kompetensi individu, namun juga memberikan materi pendidikan dan pelatihan yang diperlukan untuk memulai bisnis dan usaha.

BACA JUGA : ANTI-PANDEMI..!! INILAH PELUANG TERBAIK UNTUKMU UNTUK TERUS MENDAPATKAN SUMBER PENGHASILAN, TANPA HAMBATAN!

Apalagi jika memperhatikan peluang dari keuntungan memiliki jaringan pertemanan baru, tentu memasuki Lembaga Pendidikan setelah lulus SMA dan SMK adalah sesuatu hal yang sangat perlu untuk dipertimbangkan. Namun jangan terburu senang dulu, karena meskipun memasuki Lembaga Pendidikan memberikan kita banyak keuntungan sekaligus, tidak banyak Lembaga Pendidikan yang benar-benar amanah dan bisa dipercaya untuk mewujudkan visi dan misinya. Peluang akan banyaknya peminat dari kalangan siswa lulusan kelas 12 yang ingin memasuki Lembaga Pendidikan, menjadi kesempatan tersendiri, terutama bagi oknum-oknum penipu yang bersembunyi dibalik kedok Lembaga Pendidikan untuk mengambil keuntungan sepihak.

Oleh karena itu, perlu kewaspadaan yang lebih, khususnya buat kamu yang ingin memasuki Lembaga Pendidikan. Jangan mudah tergiur dengan segala bentuk promosi dan segala sesuatu yang kurang masuk akal. Perbanyak pengetahuan dan kritislah dalam mencari informasi sebanyak-banyaknya. Jika diperlukan, milikilah seorang konsultan pribadi, agar kamu bisa lebih yakin dalam menentukan Lembaga Pendidikan yang akan kamu pilih sebagai batu pijakan, untuk rancangan karir sukses di masa depan kelak.


Dapatkan Layanan Konsultasi Seputar Karir Gratis Dengan Cara KLIK DISINI


Semoga Bermanfaat

By Madcoms

Leave a Reply

Your email address will not be published.