Madcoms, Mei 2021


Pandemi Covid-19 tidak hanya mengubah perilaku manusia dalam beraktifitas, efeknya yang meluas juga berdampak pada dunia kerja. Presiden Joko Widodo telah menyatakan bahwa Indonesia harus melakukan transformasi digital sebagai prasyarat transformasi ekonomi dan demokrasi digital.


Menurut sejumlah pakar dan analis terkemuka, perkembangan digitalisasi akan memunculkan kebutuhan pekerjaan baru. Kemajuan teknologi informasi yang di dukung berbagai platform aplikasi yang terintegrasi dengan internet akan lebih banyak digunakan. Beberapa jenis pekerjaan baru ini disinyalir akan memberikan efisiensi bagi perusahaan untuk memaksimalkan produktifitas dari pekerja.


Tentu saja dalam hal ini perusahaan akan lebih selektif dalam menerima calon pekerja. Hal ini selaras dengan visi pemerintah Indonesia yang ingin membangun generasi unggul dengan menciptakan kualitas sumber daya manusia dengan keahlian yang disesuaikan dengan perkembangan tren yang sedang dan akan terjadi.


Keterampilan yang multi-tasking, penguasan komputer, kemampuan multi bahasa, pemasaran dan pengembangan unit bisnis adalah prioritas utama yang banyak dikampanyekan oleh perusahaan dalam rangka rekrutmen calon pekerja. Tidak tanggung-tanggung, sederetan posisi bonafid sebagai manajemen pengembangan karir telah disusun oleh perusahaan bersama fasilitas-fasilitas sebagai stimulus diluar upah, siap diberikan sebagai “pancingan” yang akan meramaikan bursa kerja.


Kabar baiknya, Indonesia diuntungkan dengan bonus demografi penduduk, di mana jumlah penduduk usia tua akan berganti dengan generasi muda milenial yang memiliki antusiasme dan kebutuhan akan jenjang karir yang ideal. Tentu hal ini akan menjadi pendorong motivasi setiap orang untuk selalu mengaktualisasi diri, yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi positif pada perusahaan.


Pertanyaannya sekarang adalah, jika Anda adalah calon pekerja masa depan, sudah dimanakah posisi Anda saat ini?

By Madcoms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *